6 Panduan Makanan Sehat Untuk Hamil Muda

Thursday, December 21st, 2017 - Kehamilan

Pada umumnyadi usia kehamilan yang masih muda kamu akan menebak-nebak apa yang tidak boleh dimakan dan apa yang harus dimakan. Hal ini tentu saja bertujuan baik agar ibu hamil dapat menjaga kesehatan dan juga perkembangan janin.

Asupan makanan sehat sangat dibutuhkan oleh ibu yang hamil muda, karena pada usia ini kandungan sangat rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang biasa terjadi pada ibu hamil di usia trimester pertama adalah mual dan muntah sampai kehilangan nafsu makan. Padahal di kehamilan yang berusia trimester pertama ini penting sekali untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sehingga janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pada ibu yang sedang hamil muda bukan berarti harus makan dengan porsi banyak, akan tetapi lebih ke memperhatikan kualitas dari makanan yang akandikonsumsi. Makanan yang hendakdikonsumsi haruslah tepat disesuaikan dengan umur kehamilan.Terlebih lagi saat hamil muda dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi kehamilan.

6 Panduan Makanan Sehat Untuk Hamil Muda

6 Panduan Makanan Sehat Untuk Hamil Muda

Berikut ini adalah 5  panduan makanan yang sangat bagus ketika sedang hamil muda :

  1. Sereal

Pagi hari memang sering menjadi masalah untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi makanan. Rasa mual sering muncul di pagi hari. Biasanya ibu hamil dapat mengatasi gangguan mual dan muntah atau kehilangan nafsu makan dengan cara mengkonsumsi sereal.

Sereal memiliki banyak rasa yang dapat disesuaikan, sereal juga mengandung aneka mineral, karbohidrat, vitamin B, dan kalsium yang bermanfaat untuk nutrisi janin. Kandungan yang berasal dari gandum utuh juga dapat mengandung energi yang bagus untuk kebutuhan ibu hamil.

  1. Produk susu

Kandungan yang berasal dari susu dapat membantu sekali dalam pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak,membentuk otot,dan sebagai sarana transportasi oksigen ke janin. terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral yang terpenuhi maka dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Susu kedelai dapat kamu pilih untuk menjadi alternatif karena mempunyai vitamin D yang cukup dan rasa yang enak.

  1. Buah dan Sayur

Pada usia kehamilan trimester pertama vitamin C dari jus jeruk sangat dibutuhkan untuk menambah imun tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu asupan makanan yang kaya akan zat besi juga dapat mencegah anemia. Dengan tambahan sayuran yang memiliki kandungan zat besi mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan tambahan energi.

  1. Ikan

Ikan merupakan makanan yang juga mengandung protein beserta asam lemak omega 3 bermanfaat untuk membantu pembentukan otak pada janin.Meski demikian kamu harus tetap berhati-hati karena merkuri yang terkandung pada jenis ikan-ikan tertentu akan dapat menggangu perkembangan janin. Hindari juga mengkonsumsi ikan mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan diperlukan untukmengembangkan sistem saraf pada bayi.Misalnya seperti kacang hijau yang memiliki kandungan asam folat dan juga vitamin B. Selain itu kacang-kacangan juga bermanfaat untuk energi dan imun tubuh bagi ibu yang sedang hamil muda.

  1. Air dan Vitamin

Air dan vitamin sangat penting untuk diperhatikan. Bagi ibu hamil yang sering mual maka dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih. Jika air putih ingin berasa, maka ibu hamil dapat mencampurkan air dengan sari buah tanpa tambahan gula.

Penting sekali bagi ibu hamil untuk menambah vitamin apalagi diusia kehamilan yang masih muda. Kamu dapat berkonsultasi lebih lanjut pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Demikian 6 panduan makanan sehat untuk hamil muda. Semoga bermanfaat.

6 Panduan Makanan Sehat Untuk Hamil Muda | admin | 4.5